Cara Konfigurasi NTP (Network Time Protokol - Online

Cara Konfigurasi NTP (Network Time Protokol - Online
Cara Konfigurasi NTP (Network Time Protokol - Online
CARA KONFIGURASI NTP (NETWORK TIME PROTOKOL) - ONLINE


Apa sih NTP? Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. NTP menggunakan UDP pada port 123 sebagai lapisan transport. Ini dirancang khusus untuk melawan efek variabel laten dengan menggunakan jitter buffer. NTP juga mengacu pada referensi implementasi software yang didistribusikan oleh Proyek Pelayanan Publik NTP.

NTP merupakan salah satu tertua protokol internet masih digunakan (sejak sebelum 1985). NTP ini awalnya dirancang oleh Dave Mills dari University of Delaware, yang masih mempertahankan itu, bersama dengan tim relawan.


1. Buka terminal kemudian tulis #apt-get install ntp

2. Setelah mengetik perintah diatas maka akan muncul kotak Run kemudian ketik y kemudian enter, untuk memulai proses instalasi.

3. Masuk ke aplikasi editor nano lalu tulis perintah sebagai berikut #nano /etc/ntp.conf

4. Inilah tampilan awal aplikasi ntp, disini ada beberapa kata yang haru kita ubah yaitu kata debian akan kita ganti dengan id.

5. Inilah tampilan setelah kita edit debiannya telah berubah menjadi id, id itu adalah indonesia.

6. Setelah itu restart aplikasi ntp agar konfigurasi kita bisa berjalan dengan baik.

7. Untuk mengecek apakah aplikasi ntp kita telah bekerja sesuai dengan dengan settingna kita maka kita menggunakan perintah #ntpq -p

8. Jika tampilannya suda seperti gambar dibawah ini maka konfigurasi kita talah berjalan dengan baik.

9. Untuk meyakikannya lagi ketik di terminal dengan perintah #date maka waktu telah berubah sesuai dengan time zone kita berada.


SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT SALAM ANAK-ANAK TKJ SMK NEGERI 1 NABIRE PAPUA
Advertisement