Konfigurasi network interfaces pada server

Konfigurasi network interfaces pada server
Konfigurasi network interfaces pada server
Jaringan komputer- adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.  : Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

 

 

Konfiguras Network Intefaces


Agar server yang anda buat bisa berkomunikasi terhadap perangkat jaringan yang anda, terlebih dahulu anda harus melakukan konfigurasi terhadap file interfaces, dengan perintah :

#nano /etc/network/interfaces

Setelah itu lakukan konfigurasi sesuai dengan jaringan yang anda buat :

auto eth0
iface eth0 inet static
      address 192.168.55.5
      netmask 255.255.255.0
      gateway 192.168.55.1
      network 192.168.55.0
      broadcast 192.168.55.255

Untuk menyimpan konfigurasi yang di lakukan ketik Crtl + x, kemudian klik y, kemudian klik entar pada keyboard.

Agar konfigurasi network interfaces yang anda lakukan bisa bekerja dengan baik, terlebih dahulu anda harus merestartnya dengan perintah :

service networking restart

Untuk mengecek apakah Konfigurasi network interfaces yang anda lakukan terlah bekerja dengan baik gunakan 2 perintah berikut :

#ip a l
#ifconfig eth0


Advertisement