Memutar music di terminal Linux

Memutar music di terminal Linux
Memutar music di terminal Linux
Music On Console ( MOC )- adalah konsol pemutar audio berbasis ncurses untuk Linux / UNIX . Ini pada awalnya ditulis oleh Damian Pietras , dan saat ini dikelola oleh John Fitzgerald . Hal ini dirancang untuk menjadi kuat dan mudah digunakan , dengan struktur komando dan tata letak jendela terinspirasi oleh Midnight Commander berkas konsol manager. 

Hal ini sangat dapat dikonfigurasi , mendukung ALSA , OSS atau output JACK , skema warna disesuaikan, layout interface, binding kunci , dan tag parsing . MOC memiliki playlist tunggal ( yang dapat disimpan dalam format m3u ) dan memiliki konsep ' direktori musik ' tetapi tidak memiliki file library mana metadata disimpan . Sebaliknya informasi ini dibaca dari file sendiri sesuai kebutuhan pada akses atau selama waktu idle . Jika playlist telah memperpanjang informasi m3u , yang akan dibaca .Sifat teks saja yang mengkonsumsi sumber daya sistem yang sangat sedikit , dan menggunakan output buffer dalam thread terpisah untuk menghindari skipping bawah beban sistem yang tinggi dan untuk memungkinkan pemutaran gapless .  

Biasanya , keluar program ini hanya menutup antarmuka - program daemonizes sendiri sehingga audio terus diputar di latar belakang. Arsitektur client / server ini mirip dengan MPD dan XMMS2 , tapi tidak seperti para pemain , daemon MOC tidak dapat diakses melalui jaringan , dan tidak memiliki API yang terbuka untuk berkomunikasi dengan klien alternatif . Ini memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai , sementara MOC tidak dapat dikontrol oleh klien grafis jarak jauh ( dapat , tentu saja , digunakan melalui SSH ) , dengan aman dapat berkisar seluruh filesystem , yang tidak dianjurkan oleh jarak jauh dan Server anonim diakses seperti MPD .Biner ini bernama mocp untuk " MOC Pemain " karena konflik dengan utilitas Qt disebut moc .

 

Beberapa fungsi yang terdapat pada aplikasi moc.

  • Enter > Play (memutar musik)
  • s = stop (berhenti memainkan musik)
  • q = quit (untuk menutup aplikasi)
  • n = next (memutar list selanjutnya)
  • b = forward (memutar list sebelumnya)
  • shift+> = volume up
  • shift+< = volume down

Penjelasan lebih rinci tentang fungsi dan cara penggunaan aplikasi moc dapat anda lihat pada manual moc dengan cara mengetikkan perintah man moc di terminal. Aplikasi ini akan terus berjalan meskipun anda menutup Terminal Linux anda, oleh sebab itu gunakan perintah diatas untuk mengoperasikannya.

Penginstallan moc


Sebelum memutar mp3 di terminal linux anda, sebelumnya anda harus menginstall sebuah aplikasi yang bernama moc, dengan perintah :
#apt-get install moc

Jika proses installasi moc telah selesai, dan jika anda ingin mengoprasikannya gunakan perintah :

#mocp

Kemudian browse dimana file musik anda di simpan, Pilih file yang akan anda putar kemudian tekan Enter untuk memutarnya (Play).


Advertisement