Redirect Halaman Login Hotspot Mikrotik ke Alamat web

 Redirect Halaman Login Hotspot Mikrotik ke Alamat web
 Redirect Halaman Login Hotspot Mikrotik ke Alamat web
MikroTik- adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins.

  • Mikrotik RouterOS™
MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya:

Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan sumber daya PC yang memadai.

Ini adalah versi MikroTik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat dipasang pada komputer rumahan (PC) melalui CD. File image MikroTik RouterOS bisa diunduh dari website resmi MikroTik, www.mikrotik.com. Namun, file image ini merupakan versi trial MikroTik yang hanya dapat digunakan dalam waktu 24 jam saja. Untuk dapat menggunakannya secara full time, anda harus membeli lisensi key dengan catatan satu lisensi hanya untuk satu harddisk.




Redirect halaman login hotspot mikrotik

Pada saat login hotspot mikrotik halaman yang dituju adalah halaman yang saat itu di jelajahi di browser. Namun disini anda dapat merubah redirect halaman login hotspot menuju alamat website tertentu. Seperti contoh ketika user memasukkan username dan password mikrotik kemudian klik login setelah user login maka akan dibawah ke halaman website tertentu.

Cara merubah redirect halaman login pada hotspot mikrotik adalah dengan cara merubah script html yang ada pada file alogin.html di folder hotspot mikortik. Untuk mengambil file alogin.html kita dapat menggunakan cara modifikasi tampilan login hotspot mikrotik. Sebelum merubah script file alogin.html backuplah terlebih dahulu file tersebut, sehingga akan mudah ketika mengembalikannya ke file aslinya ketika terjadi error. Namun menurut pengalaman saya hampir tidak pernah terjadi error ketika mengubah script pada alogin.html

Untuk redirect halaman login mikrotik ke sutatu web, terlebi dahulu anda connect ke jaringan mikrotik anda kemudian buka aplikasi browser anda, lalu ketik alamat IP Address mikrotik anda /webfig, setelah itu login ke mikrotik anda dengan menggunakan usernama dan password mikrotik anda, selanjutnya klik pada menu file kemudian cari file yang bernama alogin.html, lakukan download terhadap file tersebut.

Setelah itu buka file alogin.html dengan menggunakan aplikasi edditor contohnya notepad, notepad ++, sublime text, dll, kemudian cara script $(link-redirect).

Setelah itu ganti semua script $(link-redirect) dengan alamat web site yang anda inginkan contohnya http://google.co.id.

Setelah melakukan proses penggantian script, kemudian login ke Control Panel mikrotik anda menggunakan aplikasi winbox kemudian klik pada menu file, kemudian hapus file alogin.html yang lama kemudian upload file alogin.html yang baru.

Setelah melakukan semua proses di atas maka secara otomatis semua orang yang melakukan login ke mikrotik anda akan di redirect ke halaman web google.co.id
Advertisement