7. TROUBLESHOOTING JARINGAN ( LAPISAN APLIKASI PADA LAN)

7. TROUBLESHOOTING JARINGAN ( LAPISAN APLIKASI PADA LAN)
7. TROUBLESHOOTING JARINGAN ( LAPISAN APLIKASI PADA LAN)
    1. Pendahuluan dan Masalah Umum di Application LayerTCP / IP Protocol related




Application layer adalah lapisan yang menyediakan interface antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya di mana pesan akan dikirim. Protokol Application Layer digunakan untuk pertukaran data antara program yang berjalan pada source dan host tujuan.
Dalam TCP/IP, lapisan aplikasi mengandung semua protokol dan metode yang masuk dalam lingkup komunikasi proses-ke-proses melalui jaringan IP (Internet Protocol) dengan menggunakan protokol lapisan transpor untuk membuat koneksi inang-ke-inang yang mendasarinya.

2. LayerTCP / IP Protocol related


Hasil gambar untuk tcp/ip


TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standarkomunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stackDynamic Host Control Protocol (DHCP) 

3. Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) merupakan suatu protocol yang berbasis client/server, yang dapat digunakan untuk mempermudahkan penempatan IPaddress didalam suatu jaringan. Apabila ada jaringan local yang tidak menggunakanDHCP maka harus memberikan IP address kepada semua computer dengan caramanual. Akan tetapi jika pada jaringan local dipasang DHCP maka semua komputeryang terhubung, maka secara otomatis akan mendapat IP address dari server DHCP.


Hasil gambar untuk dhcp server


          Cara kerja DHCP
          Terdapat 2 pihak yang terlibat dalam DHCP, yaitu:1.
a.       DHCP srever, yaitu mesin yang berfungsi menjalankan layanan yang dapatmenyewakan IP address serta informasi TCP/IP lainnya pada klien yangmemintanya.2.
b.      DHCP client, yaitu mesin yang memiliki fungsi menjalankan software klienDHCP yang dapat memungkinkan mereka untuk berkomunikasi denganDHCP server


4. Telnet

Hasil gambar untuk telnet


Telnet adalah singkatan dariTelecommunications Network Protocol, merupakan remote login yang terjadi pada jaringan internet disebabkan karena adanya service dari protocol Telnet. Dengan adanya Telnet dapat memungkinkan pengguna dapat mengakses komputer lain secara remote melalui jaringan internet.


5. Sun Network File System (NFS)
NFS adalah singkatan dari Network File System, yang pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 80-an, sebagai sarana untuk berbagi file pada lingkungan kerja diskless. NFS menyediakan sarana untuk berbagi file antar jaringan, sehingga suatu mesin dapat mengakses file-file di mesin lain seolah-olah mengakses file sistem lokal.

6. Hypertext Transfer Protokol (HTTP)

Hasil gambar untuk http

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia banyak dalam memanfaatkan sumber daya yang dihubungkan dengan link yang disebut dokumen hypertext yang membentuk World Wide Web
Advertisement