9. TROUBLESHOOTING JARINGAN ( LAPISAN DATA LINK PADA WAN )

9. TROUBLESHOOTING JARINGAN ( LAPISAN DATA LINK PADA WAN )
9. TROUBLESHOOTING JARINGAN ( LAPISAN DATA LINK PADA WAN )
1.     Ethernet Mekanisme Akses


Saluran akses mekanisme control / protokol akses jamak yang di sediakan oleh lapisan MAC yang memungkinkan beberapa stasiun terhubung ke medium fisik yang sama untuk berbagi, seperti jaringan bus, cincin, hub, nirkabel dan link point to point half duplex. Protokol akses dapat mendeteksi atau  menghindari tabrakan paket data, jika pertengkaran modus berdasarkan metode akses channel paket yang di gunakan atau sumber daya cadangan untuk embangun sebuah saluran logis jika circuit switched / metode akses channel berbasis penyaluran yang di gunakan. Akses channel mekanisme kontrol bergantung pada skema multipleks lapisan fisik.

2.     Full-Duplex Ethernet

 

Full duplex adalah 2 pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, serta membutuhkan 2 jalur komunikasi. Full duplex dapat menggunakan teknik multiplexing yaitu sinyal yang berjalan dengan arah berbeda akan di letakan pada slot waktu (time slot) yang berbeda.

3.     Format Bingkai Ethernet

 

Jumlah byte dari awal frame di mulai dengan nol dan bidang alamat tujuan di imbangi nol sampai lima yang mengacu kepada enam byte pertama dari frame.

4.     Pemanfaatan Jaringan Perhitungan dan Efisiensi Bandwidth Pada Ethernet

 

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekwensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.
Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang bisa dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik). Bandwitdh pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam bits per second (bps). Jenis bandwith :
a)      Bandwidth digital yaitu volume ataupun jumlah suatu data (dalam satuan bps atau bit per second) yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
b)      Bandwidth analog yaitu merupakan suatu perbedaan antara frekuensi yang terendah dan frekuensi yang tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) yang bisa menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

5.     Studi Kasus: Menganalisis Berlebihan Tabrakan Ethernet
Dapat diatasi dengan menggunakan carrier sense multipe access / collision detection (CSMA / CD) yaitu paket di buang dan di kirim ulang satu per satu dan menjadi sumber infesiensi dalam jaringan. Tabrakan domain di temukan di sebuah hub yang mewaili satu domain collision dalam satu broadcast domain dan dapat di temukan dalam jaringan media lain seperti wifi.

6.     Studi Kasus: Server Lambat Pada Segmen Ethernet
a)    Congestion jaringan adalah traffic data melebihi kapasitas bandwith yang ada.
b)    Collision adalah sebuah data frame yang saling bertabrakan.
c)    Bottlenecs adalah beban user yang tinggi dalam mengakses jaringan dan menyebabkan kelambatan jaringan

7.      Proses Token Passing

 

Token passing adalah metode akses channel yang melewati node yang memberi kewenangan node untuk berkomunikasi. Contohnya ARCNET.
    Advertisement