Kelebihan dan kekurangan Laptop Apple

Kelebihan dan kekurangan Laptop Apple
Kelebihan dan kekurangan Laptop Apple
Apple Inc- (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi.

Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone.

Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch. 

Sementara itu dalam produk laptopnya, Apple lebih dikenal dengan produk untuk kalangan menengah ke atas. Mengapa demikian? Karena Apple membandrol laptop buatannya dengan harga fantastis; rata-rata di atas 10 juta. Namun di balik harga yang mahal itu, tentu Apple memberikan fitur yang sangat memuaskan bagi penggunanya. Namun demikian bukan berarti bahwa Apple adalah produk yang sempurna bebas dari kekurangan. Setiap merek produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Nah, berikut saya infokan tentang kelebihan dan kekurangan dari Laptop Apple.


Kelebihan MacBook Apple

  1. Eksklusif, Tentu saja keunggulan dari produk Apple adalah faktor eksklusifnya. Ada kebanggaan tersendiri ketika kita memiliki produk dari Apple, karena tidak banyak orang yang menggunakan produk Apple. Karena faktor eksklusif inilah yang membuat produk Apple banyak dicari meskipun dijual dengan harga yang sangat mahal. Salah satu kelebihan MacBook Apple adalah desainnya yang kokoh dan juga elegan. Tentunya hal ini dapat membuat penggunanya lebih percaya diri pada saat menggunakannya. Terkesan keren dan tampil menonjol merupakan tujuan Apple dalam memasarkan produk-produknya.  
  2. Aman dari virus, Jika kamu menggunakan MacBook Apple, maka kamu tidak perlu khawatir akan serangan virus yang dapat mengganggu performa dan kinerja laptop. Jika pada produk lain kamu harus memasang atau menggunakan antivirus untuk menghindari laptop dari serangan virus yang berbahaya, maka pada MacBook kamu tidak perlu melakukan hal itu. Kamu akan bebas memasang perangkat apapun tanpa takut terkena virus.
  3. Tahan lama Sebenarnya untuk ketahanan dari sebuah laptop itu tergantung penggunaan dan perawatannya juga. Tetapi jika kamu benar-benar mencari laptop yang awet, maka MacBook merupakan salah satu jawabannya. Bahan-bahan yang digunakan dalam produk-produk Apple adalah bahan-bahan yang terbaik. Oleh karena itu, sangat wajar jika harganya sangat mahal karena memiliki daya tahan yang jauh lebih baik dibandingkan brand-brand yang lain. 
  4. Fungsi dan fitur, Fungsi dan fitur yang ditawarkan MacBook jauh lebih baik dibandingkan produk yang lain. Hal ini bisa menjadi pertimbangan ketika kamu hendak membeli laptop. 
  5. Lebih cepat, Apabila kamu menginginkan proses sleep atau wake yang cepat, maka solusinya adalah kamu harus menggunakan MacBook. Ketika menjalankan berbagai macam aplikasi akan jauh lebih lancar, cepat dan halus. 
  6. Kelebihan dari MacBook yang lainnya adalah penggunaan sistem operasi, Produk-produk Apple menggunakan sistem operasi buatan mereka sendiri. Seperti pada MacBook yang menggunakan sistem operasi MacOS yang menurut pihak Apple merupakan sistem operasi yang lebih simple dan user friendly dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. 
  7. Track pad yang besar dan nyaman ketika digunakan. 
  8. Pada keyboard memiliki sistem penerangan otomatis yang dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya sekitar dan jarak antar tombol yang lebar, sehingga lebih nyaman pada saat digunakan. 
  9. Layar LCD dengan resolusi tinggi yang glossy dan nyaman ketika dilihat. Kemudian tingkat kecerahan dapat beradaptasi secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan. 
  10. Lebih ramah lingkungan karena semua bagian dari MacBook menggunakan material yang dapat didaur ulang.
   
Kekurangan MacBook Apple

  1. Harga yang cukup tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan specs yang sama dengan laptop merek lain. 
  2. Jika dilihat dari performance, semua laptop rata-rata sama: tergantung spesifikasi yang dimiliki oleh laptop tersebut. 
  3. Apple menggunakan Operating system (OS) sendiri, yaitu MacOS yang tentunya berbeda dengan OS Microsoft misalnya. Bagi yang terbiasa menggunakan laptop dengan OS Microsoft, tentu akan mengalami kesulitan mengoperasikannya laptop Apple. 
  4. Service Centernya masih terpusat di kota-kota besar, sehingga untuk beberapa daerah akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan service center. 
  5. Laptop Apple tidak hanya harga bandrolnya yang cukup tinggi, harga spare partnya juga mahal sehingga Anda harus berpikir dua kali jika ingin membeli Laptop Apple jika memiliki dana yang pas-pasan.

Lapttop Apple ini sebenarnya sama saja dengan laptop-laptop merk lain, tergantung dari spesifikasi hardware-nya juga. Seperti yang kita ketahui bahwa mayoritas orang indonesia menggunakan sistem operasi Windows, jadi ketika menggunakan MacBook akan bingung terhadap cara kerjanya karena menggunakan sistem operasi MacOS. Tetapi seiring berjalannya waktu jika kita sering menggunakan MacBook, maka akan terbiasa pula menggunakan sistem operasi MacOS.

Jangan terlalu memaksakan untuk membeli laptop Apple, karena laptop-laptop yang lain juga tidak kalah kok dari Laptop apple. Jangan karena alasan ingin terlihat mewah dan ingin diperhatikan orang lain kamu membeli MacBook. Sesuaikan semuanya dengan keadaan dan kebutuhan kamu. Jika kamu mampu dan memang membutuhkan MacBook ya silahkan saja beli. Jika dirasa belum mampu, maka menabunglah dari sekarang dan jadikan motivasi. Hidup jangan terlalu berlebih-lebihan, karena sesungguhnya yang berlebih-lebihan itu tidak baik.

Kemudian percayalah bahwa dibalik harga yang mahal itu terdapat kualitas yang terbaik pula
Advertisement