Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan dan Kekurangannya
Tujuan utama menggunakan metode inquiri yakni membantu siswa dalam membuatkan keterampilan penemuan ilmiah.
Pengertian metode inquiri yakni metode pembelajaran yang mana siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses penemuan, penempatan siswa lebih banyak berguru sendiri serta membuatkan keaktifan dalam memecahkan masalah.

Metode mengajar yakni suatu pengetahuan wacana cara-cara mengajar yang digunakan oleh seorang guru atau instruktur. Pengertian lain yakni teknik pengajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan materi pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun kelompok, supaya pelajaranitu dapat disrap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik.makin baik metode mengajar makin efektif pula pencapaian tujuan. ( Ahmadi, 2005 : 52). Proses inquiri yakni suatu proses khusus untukmeluaskanpengetahuan melalui penelitian.

Peran utama guru dalam pelajaran inquiri sebagai metoderator (Sutrisman,Tambunan 1987:6-39). Metode inquiri merupakan metode pengajaran yang berusaha meletakan dasar dan membuatkan cara berpikir ilmiah. Dalam penerapan metode ini siswa dituntut untuk lebih banyak berguru sendiri dan berusaha membuatkan kreatifitas dalam membuatkan problem yang dihadapinya sendiri. Dan tujuan utama menggunakan metode inquiri yakni membantu siswa dalam membuatkan keterampilan penemuan ilmiah.

Langkah-langkah penerapan metode inquiri

Kegiatan-kegiatan berguru yang disajikan dalam semangat banyak sekali inquiri menambah motivasi dan dan memajukan partisipasi aktif (Hamalik,200 :64). Syarat-syarat penerapan metode inquiri yakni merumuskan topik inquiri dngan terang dan bermanfaaat bagi siswa, membantu kelompok yang seimbang baik akademik mupunsosial dan mejelaskan tugas, menyediakan balikan kepada kelompok-kelompok dengan cara yang responsive dan sempurna waktunya.

Sekali-sekali perlu intervensi oleh guru supaya terjadi interaksi antara eksklusif yang sehat dan demi kemajuan tugas. Melaksanakan penilaian terhadap kelompok, baik terhadap kemajuan kelompok maupn hasil-hasil yang dicapai (Hamalik,2004 :65).

Menurut pendapat Sudjana (2004 :155) dalam menerapkan metode inquiri yakni beberapa tahapan yaitu : perumusan problem untuk dipecahkan siswa menetapkan jawaban sementara atau lebih dikenal dengan istilah hipotesis, siswa mencari informasi, data, fakta yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan atau hipotesis, dalam menarik kesimpulan atau generalisasi, mengaplikasikan kesimpulan dalam situasi baru.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Inquiri:

a. Kelebihan Metode Inquiri
Siswa aktif dalam kegiataan belajar. Sebab ia berpikir dan menggunnakan kemampuan untuk hasil final perkembangan secara bepikir ilmiah. Seperti mengali petanyaan, mencari jawaban, dan menyimpulkan atau memproses keterangan. Dengan metode inquiri dapat dikembangkan seluas-luasnya dan melatih anak untuk berguru sendiri dengan kasatmata sehingga dapat dikembangkan pendidikan demokrasi.

b. Kelemahan Metode Inquiri
Metode inquiri kurang cocok pada anak yang usianya terlalu muda misalnya anak Sekolah Dasar khususnya di kelas rendah. Dengan penerapan metode inquiri memerlukan kecerdasan anak yang tinggi, bila anak kurang cerdas, balasannya kurang efektif.

Berdasarkan pendapat tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan tetapi semua itu dapat diatasi dengan baik kalau seorang guru kreatif dalam menggunakannya dan siswa akan terlihat aktif dalam proses berguru mengajar.
Advertisement